Komentar mengenai sistem hukum yang dianut oleh bangsa Indonesia.

18 01 2010

Indonesia sebagai salah satu bekas daerah jajahan dari Belanda, tentu memiliki kesamaan, khususnya dalam bidang Hukum. Belanda sebagai salah satu penganut Civil Law system menerapkan hukum yang berlaku di negeri Belanda ke Indonesia melalui konkordansi. Civil Law System , Ciri khas sistem hukum ini adalah adanya penghimpunan dari berbagai ketentuan hukum (kodifikasi) secara sistematis yang pada prakteknya ketentuan-ketentuan ini akan ditafsirkan lebih lanjut.
• Dalam civil law peraturan hukum yang telah dikodifikasikan berlaku sebagai undang-undang dan merupakan pedoman penegakan hukum dalam Negara.
• Kodifikasi merupakan sumber hukum materill yang kemudian dijadikan dasar dalam menyelesaikan permasalahan melalui hukum formi
• Pengambil keputusan dalam civil law adalah hakim atau mejelis hakim yang memeriksa perkara tersebut. Selsain itu hakim bersifat aktif dalam persidangn dan memutus perkara berdasarkan undang-undang yang berlaku disertai keyakinan hakim itu sendiri dari fakta-fakta yang terungkap di persidangan.
• Selain keyakinan hakim doktrin juga merupakan factor penting yang menjadi pertimbangan hakim dalam memutuskan suatu perkar
• Pada civil law Yurisprudensi tidak terlalu dipertimbangkan tetapi dapat dipergunakan sebagai bahan acuan atau referensi
• Civil Law menggunakan logika berpikir metode deduktif
Melihat ciri-ciri yang terdapat dalam system hukum ini, tentunya kita beranggapan bahwa kita merupakan salah satu Negara penganut Civil Law System. lalu apakah demikian adanya? ternyata jawabannya tidak. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan.
1. Dalam Pasal 33 UUD 1945, dimana makna yang dikandung dalam pasal tersebut dapat kita mengambil kesimpulan bahwa Indonesia ternyata menganut konsep yang digunakan oleh Sosialis law system. dimana Negara menguasai produksi dan distribusi.
2. Diakuinya keberadaan dari hukum tidak tertulis yaitu hukum adat, menganut konsep yang digunakan dalam common law system, dimana menurut system tersebut hukum itu tidak selamanya harus tertulis dan dikodefikasikan dalam suatu kitab perundang-undangan.
3. Memberlakukan keanekaragaman (pluralistis) hukum perdata.
4. Membentuk hukum nasional yang mampu mengikuti perkembangan masyarakat dan tetap mewadahi keanekaragaman hukm adat. Oleh karena terdapat banyak lingkungan hukum adat di Indonesia.
Melihat alasan yang ada diatas tentunya kita bertanya, lalu Indonesia menganut sistem Hukum apa? Menurut Penulis sistem hukum kita adalah sistem hukum Indonesia itu sendiri, yang menganut berbagai konsep-konsep yang ada di dalam beberapa sistem hukum yang lainnya yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Tetapi oleh karena tidak adanya nama baku terhadap sistem hukum tersebut, Mayoritas masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa yang belajar di fakultas hukum beranggapan bahwa sistem hukum Indonesia adalah civil Law system. karena hampir semua ciri-ciri yang ada terdapat dalam sistem hukum tersebut, juga di anut oleh bangsa Indonesia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari Bangsa Belanda yang menerapkan asas konkordansi ketika melakukan pendudukan di Indonesia hampir 350 tahun lamanya. Menurut Penulis, untuk saat ini Kenyataan menunjukkan bahwa hukum adat dengan bentuknya yang pada umumnya tidak tertulis, yang sifatnya religio magis, komun, kontan dan konkrit (visual), sebagai hukum asli Indonesia semakin tergeser digantikan oleh paham positivis. Hal ini tentunya tidak terlepas dari berbagai masalah kekecewaan pada penegakan hukum serta kekecewaan pada aturan hukum sebagian besarnya diakibatkan oleh situasi bergesernya pemahaman terhadap hukum tersebut serta proses pembentukan hukum dan putusan-putusan hukum yang tidak demokratis.
Kalau kita menentukan sistem Hukum Indonesia, dengan memakai karakteristik oleh Zweigert dan Kortz, dapat kita lihat dari aspek hukum perkawinan, hukum yang berlaku, contoh di aceh yang menggunakan Hukum Syariah Islam, serta hukum adat dimasing-masing daerah yang berbeda dalam hal pewarisan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: